PERAN ILMU PENGENTAHUAN DAN TEKNOLOGI DI BIDANG KEDOKTERAN



Nama : I Nyoman Resa Aji Prayudha 
NIM : G.231.10.0149
Progdy : Teknik Informatika


PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menunjukan jati dirinya dalam peradaban manusia dewasa ini. Sudah tentu tidak dapat diingkari dan dipandang sebelah mata, peran ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan share yang signifikan terhadap nilai tambah ekonomi. Efisiensi dalam berbagai bidang, khususnya dalam masalah waktu, tenaga dan biaya melalui kecepatan dan ketepatan, serta performa fisik telah dapat ditingkatkan dengan sangat drastis, sekaligus berarti telah mampu mengefisienkan penggunaan tempat dalam artian kapasitas ruang.

Bukan itu saja, fakta kongkret dari sebuah situasi dan kondisi yang dapat diakses dari tempat berbeda secara bersamaan dan dengan durasi tanpa batas, telah menganulir akan keragu-raguan terhadap eksistensi kejujuran manusia. Bahkan kejujuran itu sendiri yang tadinya hanya sebagian dapat di deteksi melalui sorot mata, pada saat sekarang ini dengan kemampuan teknologi mampu mengolaborasi gelombang emosi, sehingga dapat di identifikasi tingkat kejujuran yang di implementasikan.

Kemajuan teknologi di bidang kedokteran sekarang perkembangannya semakin pesat. Telah ditemukan alat-alat baru yang sangat canggih, sehingga banyak membantu di bidang kedokteran. Misalnya untuk penanggulangan penyakit, karena sekarang banyak ditemukannya penyakit-penyakit baru. Selain itu ilmu pengetahuan dan teknologi juga dapat meningkatkan teknologi di bidang obat-obatan.

Perkembangan dari yang sederhana sampai dengan modern ini telah banyak menghabiskan tahun dan biaya eksplorasi serta penelitian, sehingga sepantasnyalah masyarakat dalam memanfaatkan produk teknologi tersebut dapat menspesifikasi bagian yang bermanfaat dalam kehidupan tanpa mengurangi nilai-nilai kehidupan itu sendiri.

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi
Dapat Meningkatkan Ilmu dan Fasilitas di Bidang Kedokteran

Untuk perkembangan ilmu kedokteran, sarana dan prasarana yang diperlukan adalah ilmu dasar (Kimia, Biologi, Fisika), alat-alat elektronik, maupun nonelektronik serta tenaga peneliti yang profesional dalam bidangnya. Timbulnya biokomia, biofisika, kimia, fisika, bakteriologi, hitologi (ilmu jaringan), strimologi (ilmu tentang sel) yang sejalan dengan perkembangan alat-alat elektronik. Seperti timbulnya thermometer, mikroskop yang banyak membantu dibidang kedokteran.

Contohnya ditemukan alat-alat diagnosis yang memadai, seperti sinar-x untuk melihat keadaan tubuh manusia. Pelayanan baru sebagai hasil kemajuan ilmu pengetahuan alam dan teknologi antara lain :
  1. Pencakokan jantung
  2. Pencucian darah
  3. Penggantian kornea mata
  4. Pemasangan alat pacu jantung
  5. Pelayanan kontrasepsi dan lain-lain.

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi
Dapat Meningkatkan Teknologi Obat-obatan

Kemajuan teknologi dibidang kedokteran sejalan dengan kemajuan teknologi dibidang obat-obatan karena kedua hal itu tidak dapat dipisahkan. Masalah pengobatan sebenarnya telah dikenal masyarakat, jauh sebelum adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hanya sitimnya saja yang berbeda.


Pada zaman nenek moyang ramuan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di alam sudah dimanfaatkan sebagai obat. Pengobatan tersebut diberikan atas dasar pengetahuan turun-temurun atau atas dasar hasil pertukaran sehingga hasilnya kurang efektif dan efisien, bahkan dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di alam banyak tersedia zat yang mempunyai khasiat obat, baik berupa tumbuhan, hewan, ataupun mineral. Salah satu contohnya adalah ditemukan zat insulin pada tahun 1920 oleh Frederick Brand Banting, yang kemudian diperkuat oleh penemuan Charles Herbert (1921). Mereka memisahkan insulin dari kelenjar pangkreas binatang.

Disamping perkembangan obat-obatan hasil pemisahan dan sintesis juga berkembang pengobatan dengan menggunakan zat radio aktif dengan cara penyinaran. Teknologi pengobatan selain untuk mengobati penyakit, juga digunakan untuk mencegah timbulnya suatu penyakit.

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi
Dapat Memberantas Penyakit Menular

Ini bukan berarti bahwa penyakit yang tidak menular perlu diberantas. Tetapi untuk penyakit menular diperlukan pemikiran khusus karena berat akan banyak jatuh korban dalam waktu yang relatif singkat.
Usaha pencegahan suatu penyakit antara lain :
  1. Mengusahakan pengobatan air untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat
  2. Menjaga kebersihan lingkungan
  3. Mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular
  4. Penyuluhan tentang kesehatan

Pembahasan

Dampak negatif secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari dampak negatif antara lain timbulnya berbagai penyakit. Penyakit yang dianggap berasal dari perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Antara lain penyakit kanker. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat memberantas penyakit ini, melainkan upaya untuk mencegah meluasnya bagian yang terserang atau memperpanjang usia penderita. Penyebabnya antara lain adanya pencemaran udara, banyak zat kimia yang juga dapat menyebabkan kanker.

Meskipun para ahli kedokteran dan farmasi telah berkerja keras untuk mengatasi penyakit-penyakit yang timbul. Sampai saat ini memang masih ada beberapa penyakit yang belum diketahui cara pengobatannya dan masih diselidiki secara di pusat-pusat peneliti kesehatan.


Kesimpulan

Peranan ilmu pengetahuan alam dan teknologi (IPTEK) dalam kehidupan manusia sangat besar, yang berdampak disegala bidang baik terhadap peningkatan kesehatan manusia, terhadap sumber daya alam, dampak terhadap sumber daya manusia, dampak terhadap peningkatan kesehatan dan dalam bidang lainnya. Yang manfaatnya dalam kehidupan sudah kita lihat, lakukan dan rasakan. Oleh sebab itu kita bangsa Indonesia yang masih jauh tertinggal dari Negara-negara maju di barat mari bersama-sama meninggkatkan sumber daya manusia untuk menjadi manusia yang siap bersaing di era global. Dan bersama-sama melestarikan dan memelihara kekayaan Indonesia dalam rangka Indonesia menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera dengan cara mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Dody dan Iman Firdaus, Muatan Lokal Ensiklopedia Iptek untuk Pelajar
dan Umum, Jakarta: PT. Lentera Abadi, 2007.
Indriati, Etti, Ensiklopedia Sains dan Teknologi, Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi,
2006.






















0 komentar:

Posting Komentar